بسم الله الرحمن الرحيم


Umat 1 – Sebab.
May 23, 2008, 1:03 am
Filed under: Dakwah dan Tarbiah

Ada beberapa hal yang menyebabkan umat kehilangan jati dirinya :

Pertama : Umat Islam jauh dari agamanya sendiri. Islam yang banyak dianut oleh majoriti masyarakat adalah Islam warisan, bukan Islam yang merupakan pilihan hidup. Hingga tidak banyak pengaruhnya dalam membentuk dan mewarnai kehidupan.

Kedua : Para ulama yang ada dalam tubuh umat belum mampu menjalankan fungsinya secara optima. Bahkan, tampak bahawa para ulama kita tidak berdaya memimpin umat ini. Dampaknya, umat Islam dalam menyikapi masalah politik, ekonomi misalnya, tidak lagi dipengaruhi oleh para ulama. Akan tetapi lebih banyak dipengaruhi media massa. Ini bererti, para ulama tidak lagi memimpin umatnya. Akhirnya umat pun berjalan tanpa pemimpin.

Ketiga : Kejayaan kaum imperalis dalam mengangkat para pemimpin Negara-negara Islam yang telah tersekularkan. Realiti membuktikan, hampir seluruh Negara-negara Islam dipimpin oleh anak bangsanya yang sekular. Sekular yang bukan hanya jauh dari agama, tapi (juga) memusuhi agama.

Sebagai contoh, bagaimana sikap negara-negara Islam terhadap invasi Amerika ke Afghanistan. Rata-rata bersikap mendua : Pemerintahannya mendukung serangan, sedangkan rakyatnya membela saudaranya. Jadi, sebagai satu kesatuan, umat Islam terpecah-belah antara rakyat dan pemerintah. Meskipun pemerintah terdiri dari orang-orang Islam, tapi tetap menunjukkan bahawa kendali kepemimpinannya masih ada di tangan penjajah.

Keempat : Adanya usaha-usaha yang sistematik yang dilakukan negara-negara besar untuk mendominasi seluruh negara Islam dan menyebarkan nilai-nilai kehidupan mereka ke dalam kehidupan umat Islam.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: